welcome to my blog ;)

Monday 7 December 2015

Cara Menghilangkan Spamware/Malware Browser esurf.biz tanpa Tools pada Chrome

tampilan "malware" browser esurf.biz


[Liat gambar diatas ada beberapa ikon medsos kan tuh, tapi jangan sekali-kali klik tu ikon, karena menurut searching gw di Mbah Google, akun medsos kita bisa dibajak oleh Pihak-pihak tertentu melalu esurf.biz ini]

Jadi gini tadi pagi pas gw buka browser (disini gw make Chrome), kaget juga kenapa home gw yang biasanya si "Mbah Google" malah "henshin" (berubah) jadi Homepage dengan link esurf.biz, udah gw ganti-ganti settingnya, On Start Up, Homepage, tetep aja si esurf.biz yang nongol pas Start Up.

Dalam hati gw udah gak salah lagi ini salah satu malware, bener aja gw search info tentang si esurf ini emang malware. Cuman gw gak dapet solusi yang stepnya secara manual, stepnya pada disuruh make tools ini lah, itu lah. Gw gak mau sembarangan install Tools, yang ada nambah malware baru lagi entar.

Sempet bingung sih mo ngapain, mo di Inul (Install Ulang) sayang ama browser history gw (IYKWIM :D ) yaudah gw cari sendiri solusinya dan ------- "Jegerrr" ternyata simple doang buang ni spam taik tanpa pake tools :D

Gini nih gw sharing cara ala gw:

  1. Buka folder Google > Chrome
  2. nah di folder Chrome ini file exe jadi ada 2 (gw kurang tau sih, emang asalnya ada 2 atau cuman 1) yang jelas yang (1) Chrome.exe (2) old_chrome.exe 
  3. pas gw exe yang old_chrome.exe ternyata itu ngebuka file Chrome gw dengan settingan gw sebelumnya 
  4. Jadi gw copy aja tu old_chrome trus gw timpa ke Chrome.exe,3. nah 
  5. Done, malware atau we nyebutkan spamware esurf.biz ini lenyap nyap nyap, heehhee. 

NB: Untuk pengguna Firefox, lu coba cek ke folder Mozilla Firefox.bak, lu perhatiin ada 2 exe Firefox lagi gak disitu, kalo iya. Cek yang mana yang asli trus timpa atau hapus aja yang palsu :)

Sekian sharing gw hari ini, semoga bermanfaat buat pals-pals sekalian. Caoooo.

By: W

(Boleh copas, asalkan tetep kasih link gw ya ;D )

No comments:

Post a Comment